Minggu, 23 Januari 2011

Antropologi Kampus

Antropologi Kampus.

Pengertian Antropologi
Kata Dasar dari Antropologi berasal dari Yunani yaitu anthros yang berarti manusia dan logos berarti ilmu. Sederhanya, Antropologi merupakan Ilmu yang mempelajari tetang manusia. Para ahli Antropolog mendefinikan antropologi sebagai berikut:
1.William A. Haviland (seorang antropolog Amerika) “ Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia ”
2.David Hunter “ Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia ”.
3.Koentjaraningrat (bapak antropolog Indonesia) “ Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
Dari ketiga definisi diatas penulis menyimpulkan bahwa Antrologi merupakan Ilmu/ bidang studi yang mempelajari tentang segala sesuatu/ apa-apa yang berkaitan dengan manusia baik berupa fisik maupun budaya sehingga dapat disimpulkan kecenderungan manusia sebagai makhluk sosial.
Pengertian Kampus (penulis)
Istilah kampus sudah sangat familier sekali tentunya di kalangan civitas akademika. Kampus merupakan deretan gedung yang ada di perguruan tinggi sebagai sarana tempat kuliah bagi mahasiswa. Tetapi pengertian gedung diatas apabila disandingkan dengan kampus untuk era modern ini sepertinya sudah tidak relevan lagi seiring dengan perkembangan Ilmu komunikasi. Alasan penulis adalah kuliah jarak jauh (model/ sistem perkulihan yang sejenis) sekarang sudah tidak asing lagi. Dengan memanfaatkan kecanggihan dunia maya maupun internet ternyata bermanfaat sekali untuk berbagai macam aktifitas, mulai dari dunia politik, ekonomi bisnis, hankam dan tentunya dunia pendidikan. Jadi hemat penulis adalah kampus merupakan tempat (wujud maupun ghaib).


Pengertian Antropologi Kampus
Antropologi sebenarnya kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita apabila di sematkan dengan kata antropologi budaya, antropologi politik, antropologi agama dan lain sebagainya. Namun begitu asing ketika kata antrologi itu sendiri disandingkan dengan kata kampus. Karena memang belum ada suatu cabang yang secara terstruktur dan pembahasan yang tuntas mengenai antropologi kampus.
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sebagai organisasi gerakan mahasiswa menganggap bahwa kader-kadermya seharusnya dapat memahami bahkan membaca kampus mereka sendiri. Hal ini penting sebagai pijakan mereka berproses si bangku perkuliahan.
Secara garis besar sudah dipaparkan bahwa antrologi adalah bidang Ilmu yang mempelajari tentang manusia. Dalam studi kajian antropologi (manusia) mencakup tentang sejarah, perilaku, bentuk fisik masyarakat, tradisi-tradisi, nilai-nilai dan interaksi antar manusia sampai budaya baru yang dihasilkan karena interaksi tersebut. Kampus sudah diutarakan diatas bahwa tempat sebagai sarana maupun prasarana wahana untuk belajar mahasiswa.
Jadi secara garis besar antropologi kampus adalah kajian ilmu yang mempelajari tetang kebudayaan, perilaku, tradisi, nilai-nilai, interaksi dan lain sebagainya yang dianggap penting dalam dinamika dunia kampus ataupun lingkungan sekitar yang berhubunagn kampus.
Esensial Antropologi Kampus Untuk Dunia Pergerakan
Sejarah telah mencatat bahwa perjalanan panjang bangsa Indonesia tidak lepas dari peran serta mahasiswa. Dimulai periode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar